Inovasi Desa


# INOVASI DESA :

Dalam melaksanakan Program Kerja Tahun 2017-2022, Pemerintah Desa Burat mempunyai inovasi yang menjadi slogan dan penyemangat dalam meningkatkan kinerja dan peran serta warga masyarakat.

Program atau Inovasi dalam mewujudkan Penyelenggaraan Pemerintah yang baik, dengan hal-hal sebagai berikut :

  1. Layanan cepat, tepat, sederhana dan tidak menunggu karena layanan administrasi pemerintahan sudah didistribusikan kepada perangkat desa sesuai dengan tupoksinya contoh: Penandatanganan yang bisa diwakilkan berdasarkan klasifikasi surat, maka berkas akan ditandatangani/ disahkan secara berjenjang oleh Kepala Desa > Sekretaris Desa ( An Kepala Desa ) > Kasi Pemerintahan ( An Kepala Desa ) > Kaur Umum ( Ub Sekretaris Desa ). 
  2. Pembagian tugas di Pemerintah Desa disesuaikan dengan tugas poko dan fungsi Pejabat Perangkat Desa, contoh : setiap surat-surat masuk dibuatkan disposisis kepada Pejabat Perangkat Desa sesuai dengan tupoksinya, mulai dari Kepala Desa, Kepala Seksi, Kepala Urusan, Kadus dan Staf.
  3. Hari Jumat, diatur untuk kegiatan : olahraga ( Senam, Jalan Sehat ), Kesenian/ Hiburan ( Seni musik/Suara ), Rakor Perangkat Desa : membahas terkait koordinasi dan konsolidasi untuk meningkatkan kinerja Perangkat Desa.

Untuk peningkatan kinerja Perangkat Desa Burat, kita berupaya semaksimal mungkin sebagai abdi masyarakat dengan pelayan yaitu :

Excellent Service 

  1. Pelayanan malam dari pukul 19.30 - 21.00 WIB
  2. Pelayanan dusun jadwal 1 minggu sekali dari 6 dusun di Desa Burat
  3. Pelayanan cepat, mudah dan benar
  4. Pelayanan dengan penampilan menarik
  5. Pelayanan dengan senyum, sapa, ramah dan santun,
  6. Pelayanan di luar jam kerja : sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan ( pelayanan kesehatan, pelayanan umum dan pemerintahan ) kegiatan sosial kemasyarakatan : anjangsana perangkat desa di masyarakat ( kenduri, pengajian, tasyakuran, selamatan, penyelesaian sengketa, besuk orang sakit, takziah). 

Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan, Desa Burat Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo mempunyai inovasi dalam bidang pemberdayaan masyarakat

  1. Kegiatan jimpitan dengan slogan "SEGENGGAM BERAS KITA BERGUNA" dalam artian kegiatan ini dilakukan oleh dawis-dawis di lingkungan RT setiap selapanan sekali mengumpulkan beras untuk diberikan kepada warga Desa Burat yang sangat membutuhkan/yang terkena musibah.
  2. Krincing klunting dengan slogan "MAK KLUNTING ATI SENENG" kita membudayakan lagi gemar menabung, dengan uang receh yang selama ini sudah dipandang sebelah mata. Dengan harapan dari receh menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi warga masyarakat. Kegiatan ini diberdayakan oleh anak-anak di lingkungan sekolah, pertemuan dawis, pertemuan bulanan lembaga desa serta rakor Perangkat Desa.
  3. Lara sitek tambani dewek dengan slogan "LARA SITEK RA PERLU DUWEK" : Pemanfaatan lahan pekarangan untuk tanaman obat-obatan.
  4. Arisan jamban dengan slogan "BURAT NDUDUK GAWE CUBLUK" : Dalam setiap pertemuan dawis kita mengadakan arisan jamban dengan tujuan untuk meringankan beban warga masyarakat, dalam pembuatan jamban kita adakan secara gotong royong antara masyarakat, Pemerintah Desa, Babinsa dan Instansi terkait yang tergabung dalam group STBM Desa Burat.

# INOVASI PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

  1. Setiap hari Senin diadakan kegiatan " Jagong bareng saben dino senen" bersama antara Pemerintah Desa, Lembaga Desa dan unsur masyarakat, kegiatan ini meliputi penyampaian program kerja Pemerintah yang akan dilaksanakan , evaluasi kegiatan yang sudah dikerjakan serta menampung aspirasi masyarakat dan membahas segala rencana program yang diusulkan. 
  2. kegiatan tarawih keliling (TARLING) sekaligus penyampaian informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat dikemas dalam Musyawarah Dusun ( Musdus )
  3. Pertemuan selapanan di tingkat RT di kenal dengan istilah "ERTEAN" : Penyampaian informasi publik disampaikan sampai di tingkat RT, Aparatur Pemerintah Desa secara bergantian menghadiri pertemuan selapanan di 16 RT se-Desa Burat untuk menyampaikan program dan kegiatan Pemerintah Desa Burat.
  4. Kunjungan rumah : atau di kenal dengan istilah "TURBA" : Kegiatan ini dilakukan oleh Kepala Desa bersama Kepala Dusun untuk menyampaikan informasi Pemerintah Desa kepada warga lanjut usia, warga berkebutuhan khusus dan warga yang perlu pendampingan.
  5. Pelayanan on-line "anda kring, kami ling" : bertujuan untuk mempercepat layanan kepada masyarakat, tanpa menunggu lama dan tanpa antri di Kantor Desa
  6. POJOK DATA : memuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa serta Laporan pertanggungjawaban realisasi APBDesa yang setiap saat bisa dibaca dan dilihat oleh semua warga masyarakat
  7. Informasi Publik Desa juga disampaikan kepada masyarakat melalui : media sosial, aplikasi khusus, papan pengumuman

 


Total Dibaca